Faktor
Yang Mempengaruhi Iklim Bisnis Di Indonesia, yaitu sebagai berikut :
1. Faktor Politik
Faktor - faktor yang
terkait dengan kondisi silahturahmi atau rekanan kerja bisnis yang dapat mempengaruhi tinggi atau rendahnya suatu barang. Iklim perpolitikan di Indonesia.
* Contoh : Korupsi, Kerja sama dengan luar negri valuta.
2. Faktor Sumber Daya Manusia
Agar
bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu
diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu
berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi, dan
pandai mengolah bisnisnya.
* Contoh : Minyak, Batubara, Emas.
3. Faktor
Teknologi
Kemajuan di bidang
teknologi yang berubah - ubah dari waktu ke waktu yang terkadang sangat cepat
sangat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti
perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang
terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah
menjadi lebih efektif dan efisien.
* Contoh
: Elektronik sistem pajak atau bea cukai untuk barang import yang masuk ke dalam negeri yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya barang harga.
4. Faktor Ekonomi
Berkaitan erat dengan
indikator ekonomi yang bersifat umum mengukur tabungan, investasi,
produktivitas, lapangan kerja, kegiatan pemerintah, transaksi perdagangan
internasional, pendapatan, produk nasional dan lain sebagainya.
* Contoh
: Disaat valuta asing colapse atau jatuh harga pun dapat
berubah secara drastis.
5. Faktor Lingkungan Masyarakat
Lingkungan masyarakat
cenderung dinamis, selalu ada perubahan, kebutuhan dan keinginan masyarakat
bermacam - macam dan selalu berubah - ubah.
* Contoh
: Seperti beras di kalangan
masyarakat yang tinggi akan permintaaanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar