Perbedaan Perdagangan Internasional
dan Pemasaran Internasional
Perdangangan internasional dan
pemasaran internasional merupakan bagian dari bisnis internasional. Dalam ilmu
ekonomi perdagangan internasional (international trade), seringkali dikaitkan
dengan kegiatan ekspor impor , valuta asing, serta neraca perdagangan dan
neraca pembayaran. Dalam kaitannya dengan pemasaran internasional, maka dasar
ekonomi teoretis perdagangan internasional memberikan pemahaman dasar mengapa
suatu negara berdagang dengan negara lain, dan karenanya memberikan pemahaman
bagi pemasar internasional mengenai kebijakan perdagangan luar negeri suatu
negara. Perdagangan internasional juga umumnya merupakan langkah pertama bagi
suatu perusahaan untuk memasuki arena internasional.
Sementara itu, yang dimaksud dengan
pemasaran internasional adalah penerapan konsep, prinsip, aktifitas dan proses
manajemen pemasaran dalam rangka menyalurkan barang atau jasa perusahaan ke
konsumen di berbagai negara demi tercapainya keuntungan-keuntungan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar